Kuliner Khas Lombok – Lombok merupakan bagian pulau yang ada di Indonesia yang mempunyai pesona wisatanya yang indah nan cantik. Pesona wisata di Lombok menjadikan Lombok sebagai destinasi wisata yang sangat terkenal hingga dimata dunia. Kekayaan alam lombok yang paling terkenal ialah pantainya yang sangat indah. Selain destinasi wisatanya yang menjadi unggulan, kini wisatawan tertarik untuk mencicipi kuliner unik khas Lombok. Makanan didaerah ini mempunyai ciri khas yang berbeda dengan yang lain. Tak heran, jika banyak penikmat yang menyukai makanan khas Lombok ini. Makanan khas daerah ini juga bisa dibilang cukup unik, apa saja sih kira – kira? Simak kuliner khas Lombok sebagai berikut :

  1. Kelaq lebui

Makanan ini berasal dari kedelai hitam yang dimasak dengan bumbu kuah yang rasanya asam. Rasanya yang enak dikarenakan pedas yang masam lebih lezat jika dimakan ditemani bersama nasi hangat. Makanan ini dapat dengan mudah ditemui di warung – warung yang ada di sekitar Lombok.

  1. Beberuq terong

Makanan ini terdiri dari campuran terong yang dipotong kecil – kecil dan dicampur dengan sambal tomat yang pedas. Kuliner ini mempunyai dua versi dalam inovasi terongnya, yakni terong mentah dan terong yang dibakar. Jika penggunaan terong bakar, tidak dipotong terongnya melainkan di suir – suir memanjang. Bumbunya menggunakan tomat, cabai rawit, garam, terasi, penyedap dan perasan jeruk purut yang dihaluskan.

  1. Ikan bakar pantai nipah

Menikmati makanan ini lebih terasa lezat jika dinikmati sambil menikmati pantai nipah. Di sepanjang jalan pantai nipah, anda dengan mudah bisa menemukan ikan bakar ini. Lebih lezat lagi jika anda menikmati makanan ini bersama nasi hangat, pelecing, dan beberuk yang juga makanan khas Lombok.

  1. Kelaq kelor

Sayuran kelor memang sangat lezat ketika dimasak. Mungkin jika ditempat lagi kelor digunakan sebagai memandikan mayat, kini di Lombok malah menjadi makanan yang lezat dimasak dan menjadi makanan khas unik dari Lombok. Sayuran kelor ini lebih lezat dinikmati dengan nasi dan sambal terasi khas daerah ini. Sangking terkenalnya, ada juga warung di Lombok yang menyajikan kelaq kelor sebagai menu andalannya.

  1. Nasi kotaraja

Nasi kotaraja memiliki ciri khas lauk jangan rarit dan sambal sebie. Jangan rarit merupakan olahan kuliner dari daging sapi  yang dibumbui dan dijemur. Kemudian digeprek lalu digoreng. Kemudian sambal sebie merupakan sambal andalan khas lombok yang dibuat dari cabai rawit hijau yang pedasnya khas. Makanan ini menjadi andalan makanan khas Kotaraja tepatnya di Lombok Timur. Nasi ini sangat populer hinga puluhan tahun yang lalu. Makanan ini wajib anda coba ketika anda sedang berada di Lombok. Demikian informasi yang bisa penulis bagikan dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa dan terima kasih.

Sumber : https://www.royco.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>