Wisata Alam Gunung Binaiya

Wisata Alam Gunung Binaiya

Gunung Binaiya merupakan gunung  tertinggi se Provinsi Maluku. Gunung ini membentang di Pulau Seram dan masuk ke  dalam lingkup Taman Nasional Manusela yang mempunyai luas 189.000 hektar. Pada tahun 1972 Taman Nasional Manusela  dibagi menjadi dua daerah yakni Wae Mual seluas 17.500 hektar yang meliputi hutan dataran rendah pada bagian utara. Flora  yang hidup di area ini adalah bakau (Mangrove) dengan vegetasi sekitar rawa-rawa, hutan damar (Agathis Alba), meranti (Shorea  sp). Pada perbukitan bagian tengah adalah daerah Wae Nua seluas 20.000 hektar.         

       
Gunung Binaiya masuk  ke dalam Kabupaten Maluku Tengah. Provinsi Maluku. Untuk mengakses lokasi ini bisa dilakukan dari ibukota provinsi Maluku, Ambon, menggunakan jasa angkutan bis menuju Pelabuhan Tulehu. Setiba di Tulehu, dilanjutkan menyeberang selat dengan  menggunakan jasa speedboat menuju  Pulau Seram, tepatnya singgah di Pelabuhan Wahai, .Dari  Wahai perjalanan dilanjutkan menuju desa Kanikeh selama sekitar 6 jam. Kanikeh  merupakan desa terakhir sebelum menuju puncak Gunung Binaiya.  

Gunung Binaiya tergolong unik karena menjulang dari ketinggian 0 meter hingga 3055 meter di atas permukaan  laut. Di bagian kaki gunung, banyak terdapat sungai yang membentang seluas 6-8  meter.        
        
Gunung Binaiya  terletak di wilayah pedalaman, sehingga fasilitas dan akomodasi untuk wisatawan  nyaris tidak ada, kecuali hanya beberapa rumah adat penduduk yang disediakan untuk  menginap para pendaki gunung yang bermalam. Pantai Maluku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>