Pulau Halmahera di Maluku Utara merupakan sebuah pulau yang memiliki sejuta pesona alam. Baru-baru ini pulau-pulau kecil yang ada dalam gugusan Pulau Halmahera mulai ramai diperbincangkan sebagai tujuan wisata. Pulau Tagalaya misalnya, pulau kecil tersebut memiliki pesona alam bawah laut yang mampu mengundang para wisatawan untuk berkunjung ke sana. Dengan berbagai macam bentuk terumbu karang yang unik, juga ikan yang berwarna-warni, Pulau Tagalaya menjadi salah satu lokasi favorit wisatawan untuk diving dan snorkeling. Tak jauh dari Pulau Tagalaya, Pantai Kupakupa menawarkan suasana pantai yang tenang dan pasir putih yang bersih, juga pemandangan pohon beringin di sepanjang pantai yang semakin menambah kesejukan pantai.

Namun selain lokasi-lokasi di atas, terdapat sebuah objek wisata alam yang tak sedikit juga peminatnya, yaitu Telaga Duma Galela. Telaga ini terletak di sebelah utara Tobelo, jaraknya kurang lebih 25 km. Dari Tobelo dapat ditempu sekitar 30 menit menggunakan kendaraan bermotor. Telaga Duma Galela merupakan telaga terbesar yang ada di Halmahera. Telaga ini memiliki peran yang sangat penting bagi masyarakat sekitar, karena masyarakat sekitar sering memanfaatkan telaga ini sebagai tempat pencaharian mereka. Masyarakat sekitar umumnya memiliki pencaharian sebagai petani, sebagian membuat tambak-tambak kecil di sekitar danau.

Air telaga ini begitu jernih dan tenang, sehingga sangat cocok untuk memancing, berenang, dan berperahu. Telaga ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang membuat suasana telaga terasa sejuk. Di sekitar area telaga juga disediakan bangku dan taman kecil untuk beristirahat bagi pengunjung yang datang ke telaga ini. Tempat yang satu ini juga merupakan tempat yang cocok untuk refreshing dan melepas penat dari kegiatan sehari-hari. Apalagi bagi anda yang suka dengan memancing, tempat ini sangat cocok karena selain terdapat berbagai macam ikan, suasana sejuk yang ada di telaga ini membuat siapapun pemancing yang duduk menunggu umpan di kailnya disambar ikan merasa betah berlama-lama di sini.

Berperahu mengelilingi telaga juga tak kalah mengasyikkan. Sambil mengayuh dayung yang ada di perahu sambil menikmati kesejukan dan ketenangan suasana telaga. Dari salah satu sudut telaga ini, pengunjung juga dapat menikmati keindahan Gunung Mamuya. Gunung Mamuya merupakan salah satu gunung terbesar yang ada di Tanjung Duma. Ketika sore hari, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan matahari terbenam dari telaga ini. Benar-benar pesona alam yang menakjubkan! Pantai Maluku.

Cara menuju lokasi : untuk menuju telaga ini, anda dapat menggunakan perahu atau speedboat dari Tobelo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>