Pulau Meti merupakan pulau kecil dari bagian gugusan kepulauan yang ada di Halmahera, Maluku Utara. Pulau ini merupakan salah satu tujuan wisata yang baru saja diperkenalkan dan dipromosikan oleh pemerintah. Daerah Maluku Utara memang baru-baru ini dipromosikan sebagai tempat wisata bahari yang menarik untuk dikunjungi. Diantaranya gugusan kepulauan di Maluku Utara dan Morotai, yang memiliki keindahan alam bawah laut dan pantai yang mempesona. Terlebih lagi, diadakan event “Sail Morotai”, yang akan digelar pada tanggal 15 September 2012. Event ini bertujuan untuk memperkenalkan alam Morotai khususnya dan gugus kepulauan Maluku pada umumnya kepada masyarakat luas. Tentu saja dengan promosi yang dilakukan sebelumnya dan event akbar tersebut, banyak wisatawan yang tertarik akan keindahan kepulauan Maluku Utara tersebut. Hal tersebut juga berdampak pada sebuah pulau kecil yang ada di Maluku Utara, yaitu Pulau Meti.

Pulau Meti merupakan pulau yang terletak di Desa Todokuiha, di sebelah selatan Tobelo. Pulau Meti dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor dari Tobelo sekitar 20 menit. Keindahan pulau Meti meliputi keindahan pantai yang memiliki pasir putih yang bersih, dan hampir sama dengan Pulau Tagalaya maupun Pantai Kupakupa, pulau Meti memiliki kawasan pantai dengan air yang sangat bening, sebening embun. Yang unik di Pulau Meti adalah kawasan hutan yang menyelimuti hampir tigaperempat kawasan pulau. Hutan yang ada di Pulau Meti masih sangat alami, terdapat berbagai macam tumbuhan dan pepohonan yang tumbuh di hutan tersebut.

Hutan tersebut juga merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Pulau Meti. Berpetualang menelusuri hutan yang ada di pulau kecil tersebut merupakan hal yang sangat menarik, karena di dalam hutan tersebut terdapat jejak-jejak sejarah Perang Dunia II. Benda-benda yang ada dalam hutan tersebut antara lain berupa serpihan pesawat, meriam, senapan, dan lain sebagainya. Benda-benda tersebut merupakan peninggalan para penjajah yang pernah singgah di pulau kecil Meti ini. Keluar dari hutan, anda akan dimanjakan dengan pemandagan karang dan pantai yang luar biasa. Rasa lelah saat menelusuri hutan pun terbayar dengan pemandangan batu karang yang menakjubkan. Ukuran batu-batu karang yang ada di pantai tidak terlalu besar sehingga anda dapat naik ke atasnya dan menikmati deburan ombak yang menghantam karang.

Anda juga dapat naik perahu menyusuri pantai sepanjang pulau ini. Atau jika anda menjadikan pulau ini sebagai tempat untuk bersantai atau berjemur menikmati kehangatan sinar matahari, hal tersebut juga sangat cocok, karena suasana di pulau ini sangat mendukung hal tersebut, apalagi saat berjemur, anda akan dimanjakan dengan kesejukan udara yang ada di pulau ini, karena hembusan angin yang sejuk dari hutan akan memanjakan tubuh anda, sehingga anda merasa nyaman. Sudah tak sabar ingin pergi ke Pulau Meti? Ayo berangkat sekarang, jangan sampai ketinggalan!

Cara menuju lokasi : Desa Todokuiha terletak di selatan Tobelo (Mawea). Dari pelabuhan Todokuiha tersedia transportasi umum dengan menggunakan perahu tradisional ketinting ± 20 menit perjalanan. Pantai Maluku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>