Gugusan pulau di Maluku Utara memang tak henti-hentinya dibicarakan masyarakat luas karena memiliki keindahan alam laut yang luar biasa. Kepulauan tersebut baru-baru ini menjadi incaran para wisatawan yang gemar melakukan berbagai macam kegiatan bahari, seperti diving, snorkeling, selancar, dan lain sebagainya. Tak hanya wisatawan lokal saja yang antusias dengan kawasan gugusan kepulauan Maluku Utara tersebut, namun juga wisatawan asing yang memiliki hobi yang sama. Sebut saja Pulau Tagalaya, yang memiliki keindahan pantai dan terumbu karangnya yang mempesona. Pulau kecil di kabupaten Morotai ini memiliki pantai dengan air yang sangat jernih. Atau Pulau Meti,  yang memiliki kawasan hutan yang alami dan asri juga sama seperti pulau lain di Maluku Utara yang memiliki kawasan pantai dengan air yang jernih. Hutan di Pulau Meti memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang gemar berpetualang.

Nah, yang tak kalah menakjubkan dari tempat-tempat di atas adalah Pulau Bobale. Pulau ini berada sekitar 50 km dari Tobelo, dapat ditempuh sekitar 45 menit dengan speedboat. Pulau ini juga tak jauh dari Desa Daru, Kecamatan Kao. Dari Desa Daru dapat ditempuh kira-kira 15 menit menggunakan speedboat. Pulau Bobale memiliki pantai dengan pasir putih dan bersih. Perairan yang ada di sekitar pantai berwarna biru kehijauan dengan air yang sebening kaca. Kawasan hutan yang masih alami, yang ditumbuhi berbagai macam tumbuhan dan pepohonan, menjadikan suasana pantai ini sangat sejuk di tengah terik matahari.

Arus air di pantai ini sangat tenang, sehingga aman untuk berenang, snorkeling, dan diving. Maka tak heran jika para wisatawan betah berlama-lama berada di Pulau Bobale. Suasana pantainya saja sudah begitu menarik, apalagi bawah lautnya, pasti lebih menarik. Ya, anda dapat melakukan penyelaman untuk melihat aktivitas yang ada di alam bawah laut Pulau bobale ini. Tidak perlu menyelam terlalu dalam, karena pada kedalaman 2 hingga 10 meter anda sudah dapat melihat berbagai macam terumbu karang yang berwarna warni, melenggak-lenggok dengan hiasan ikan-ikan kecil yang berenang diantara terumbu karang tersebut. Sungguh merupakan surga taman bawah laut!

Ada lebih dari tiga titik penyelaman yang ada di Pulau Bobale ini, sehingga anda bisa dengan leluasa memilih lokasi mana saja yang pantas untuk anda selami, atau anda juga dapat mengunjungi semua titik penyelaman yang ada, karena setiap titik memiliki jenis terumbu karang dan hewan laut yang berbeda-beda. Jangan sampai ketinggalan untuk menikmati taman surga bawah laut ini, segera datang ke Pulau Bobale di Maluku Utara!

Cara menuju lokasi : Desa Daru di wilayah Kao adalah akses masuk ke Bobale. Dari pelabuhan Daru, Pulau Dodola hanya sekitar 20 menit dengan menyewa speedboat dari penduduk setempat Pantai Maluku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>