Pesona alam yang luar biasa diperlihatkan oleh sebuah pulau di Tobelo, Halmahera, Maluku Utara yang bernama Pulau Tagalaya. Pulau tersebut merupakan objek wisata alam baru yang juga baru saja dipromosikan menjadi tujuan wisata di Maluku Utara. Pulau Tagalaya merupakan bagian dari gugusan kepulauan di Maluku utara. Pulau ini memiliki berbagai pesona keindahan, baik keindahan alam, pemandangan laut dengan air yang sangat jernih, juga biota laut yang hidup di dalamnya. Baru sebentar saja dipromosikan, pulau ini sudah menarik ratusan pengunjung. Pasir pantai yang putih bersih di sepanjang pesisir pantai, juga air laut yang sangat bening mampu membius siapa saja yang datang berwisata ke pulau ini.

Banyak dari para wisatawan yang saat berkunjung ke pulau kecil ini, dari jauh mereka lari menuju pantai, lalu menceburkan diri ke dalam air yang sangat jernih tersebut. Arus air yang tenang, menjadikan suasana pulau ini terasa sejuk. Berenang di pulau ini juga merupakan salah satu aktivitas yang sangat digemari oleh para pengunjung, karena air lautnya tidak terlalu dingin dan sedikit ombak, sehingga sangat nyaman untuk berenang di tempat ini. Selain berenang, menyelam dan snorkeling juga menjadi kegiatan para wisatawan. Hal yang paling menarik saat menyelam adalah melihat berbagai jenis terumbu karang yang ada di dalam laut Pulau Tagalaya ini.

Pemandangan yang sangat menakjubkan ketika melihat ratusan ikan-ikan kecil yang berwarna –warni berenang di sekitar terumbu karang. Biasan sinar matahari yang menembus lautan menjadikan berbagai terumbu karang tersebut terlihat dengan jelas tanpa menggunakan kaca mata renang. Bahkan pengunjung dapat melihat terumbu karang yang ada di dalam laut dari atas perahu sebelum menyelam, karena letak terumbu karang yang tidak terlalu dalam, juga karena kejernihan air yang sebening embun. Terumbu karang yang ada di dalam laut berwarna-warni dengan berbagai bentuk yang lucu. Sungguh merupakan pemandangan alam yang luar biasa. Hal ini menjadi keunikan tersendiri biota laut yang ada di Pulau Tagalaya ini. Tak salah memang jika menjadikan Pulau Tagalaya sebagai tempat berwisata anda.

Pengunjug dapat mengambil gambar aneka terumbu karang yang ada di dalam kedalaman antara 2 hingga 8 meter sepuasnya. Hal ini tentu tak di sia-siakan oleh pengunjung yang berwisata ke Pulau Tagalaya ini. Setelah puas menyelam, pengunjung dapat bersantai di pantai dengan pemandangan pasir putih, pohon bakau, dan perbukitan hijau yang memanjakan mata. Dan pemandangan yang sangat ditunggu-tunggu oleh pengunjung adalah pemandangan matahari terbenam yang sangat memukau di Pulau Tagalaya ini. Penasaran dengan keindahan alam bawah laut di Pulau Tagalaya? Ayo segera kunjungi Pulau Tagalaya!

Cara menuju lokasi : Dari pelabuhan Tobelo tersedia transportasi umum dengan menggunakan perahu tradisional ketinting ± 20 menit perjalanan. Alternatif lain adalah dengan menyewa speedboat Pantai Maluku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>