Pakaian adat yang berasal dari kota Ambon ini punya nama yang unik, baju Cele. Ini dia baju Cele versi modern. Ada yang pernah dengar baju Cele? Yak, itu adalah pakaian khas dari kota Ambon, Maluku . Namanya unik, yah! Baju Cele bermotif garis-garis geometris atau berkotak-kotak kecil. Biasanya, baju Cele dikombinasikan dengan kain sarung yang warnanya tidak terlalu jauh berbeda, yang penting harus seimbang dan serasi.

Kapan masyarakat Ambon menggunakan baju adat itu? Baju cele dipakai dalam upacara-upacara adat (acara pelantikan raja, acara cuci negeri, acara pesta negeri, acara panas pela, dan lain-lain.). Supaya lebih terlihat serasi, baju Cele pun dikombinasi dengan kain pelekat yang dinamakan disalele. Pemakaian sarung ini ada di luar dan melapisi baju yang ada di dalamnya.

Sarung dipakai sampai batas lutut dan menggunakan lenso, yaitu sapu tangan yang diletakan di pundak. Biasanya pakaian ini digunakan tanpa alas kaki tapi ada juga masyarakat yang menggunakan selop sebagai gantinya. Enggak ketinggalan, bagi wanita, biar lebih cantik, rambut pun dikonde. Konde atau sanggul yang digunakan yaitu konde bulan yang diperkuat lagi dengan tusukan konde yang disebut haspel. Tusuk konde itu benar-benar spesial karena terbuat dari emas atau perak. 

Demikianlah seputar informasi pakaian adat yang berasal dari kota Ambon Maluku. Semoga bermanfaat bagi pengetahuan anda. Pantai Maluku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>