Ambon ibukota Maluku, memang terkenal sebagai kota pesisir yang dikelilingi laut. Tentu saja di Ambon terdapat banyak sekali wisata Pantai yang terkenal. Mungkin bagi sebagian orang pantai Natsepa sudah tidak asing lagi. Namun pada artikel kali ini saya tidak akan membahas pantai Natsepa, tapi sebuah objek wisata lain di Ambon yang sangat eksotis.

Pintu Kota, begitulah sebutan untuk areal wisata ini. Terletak sekitar 45 – 60 menit dari pusat kota ambon, jika ditempuh dengan kendaraan darat. Wisata pantai yang terletak di desa Latuhalat ini terkenal karena terdapat sebuah tebing yang karena terkikis oleh deburan ombak selama bertahun-tahun sehingga menyebabkan tebing berlubang dan membentuk seperti lorong. Uniknya lagi, Ketika kita melayangkan pandangan kita melalui celah-celah lubang pada tebing tersebut, maka kita akan langsung dihadapkan dengan hamparan laut Banda yang terkenal itu.

Lubang yang terdapat pada tebing berdiameter cukup luas sehingga muat untuk dilewati 2 buah truk. Dengan dinding tebing yang terdiri dari batuan karang yang cukup tajam dan berwarna coklat gelap, maka terlihat sangat kontras dengan laut dan langit, menambah keindahan tebing yang eksotis ini. Tempat berpijak di sekitar pantai di dominasi oleh bebatuan yang cukup tajam, jadi kita harus hati-hati saat melangkahkan kaki diantara bebatuan.

Selain sebagai tempat wisata dan berfoto, lokasi ini juga terkenal sebagai tempat penyelaman, karena memiliki pemandangan bawah laut yang tak kalah indah nya di bandingkan dengan Pantai Ora.

Sebagai informasi tambahan, pintu masuk ke dalam lokasi wisata ini ada 3 jalur yang berbeda. Untuk masuk dan turun ke lokasi wisata ini saya harus menuruni anak tangga yang terbilang cukup banyak, dan ketika kembali harus kembali mendaki melewati anak tangga tersebut. Meskipun cukup melelahkan, namun rasanya sepadan dengan keindahan yang didapat di Pantai Maluku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>