Pantai Sulamadaha merupakan pantai eksotik yang masih sangat alami terletak di Ternate, Provinsi Maluku Utara. Pantai ini dijuluki sebagai Pantai Kaca.

Pantai Kaca nama yang pantas untuk pantai ini karena Sulamadaha merupakan pantai dengan air laut yang sangat jernih, jernih seperti kaca. Apabila anda melihat perahu/kapal diatas air lautnya, anda akan tertegun melihatnya karena kapal tampak seperti melayang. Yah, air laut yang bergitu jernis bagaikan kaca yang sangat bersih.

Saking beningnya, kita bisa dengan mudah melihat dasar laut di pantai ini. Selain itu pantai ini sangat cocok bagi sobat yang menyukai olahraga air seperti menyelam dan snorkeling.

Pantai Sulamadaha Berada sekitar kurang lebih 14 km dari pusat kota ternate, Pantai Sulamadaha mudah dijangkau oleh angkutan umum maupun kendaraan pribadi.

Untuk menuju ke lokasi wisata Pantai Sulamadaha ini sangatlah mudah, karena jaraknya yang sangat dekat dari pusat Kota Ternate sekitar 14 kilometer. Dari pusat kota, sobat bisa naik angkot atau taksi menuju Pantai Sulamadaha yang bisa ditempuh selama kurang dari 1 jam. Sama seperti menuju ke Pantai Pintu Kota yang jarak tempuh nya lumayan jauh, akan tetapi semuanya itu akan terbayar setelah kita sampai ke tujuan.

Pantai Sulamadaha menawarkan keindahan nuansa alam yang mampu menghilangkan kepenatan setiap orang yang mengunjunginya. Hamparan pasir dan deburan ombak, laut nan biru, serta pemandangan pulau hiri yang keliling bukit batu dan pepohonan,

Pantai Sulamadaha menjadi objek wisata yang diincar warga pada hari libur. Dari pusat Kota Ternate ke pantai memakan waktu satu jam perjalanan. Pantai Sulamadaha juga masih menyajikan pemandangan dan suasana alam yang asli. Bahkan, makanan yang dijajakan di pantai sangat tradisional. Penjual membangun tenda-tenda kecil di pinggir pantai untuk menjual kelapa muda dan makanan kecil.

Pantai Sulamadaha tidak seperti pantai-pantai terkenal di Bali. Meskipun tidak berpasir putih, Pantai Sulamadaha memiliki pesona tersendiri. Pantai berpasir hitam ini berhadapan langsung dengan Pulau Hiri.

Walaupun pantai ini berpasir hitam namun pantai ini mempunyai pesona tersendiri dan merupakan obyek wisata andalan Ternate karena airnya yang sangat jernih belum tercemar dan mempunyai beragam ikan dan terumbu karang yang diantaranya merupakan spesies langka.

Pantai Sulamadaha berhadapan langsung dengan Pulau Hiri yang dahulu menjadi tempat pengasingan Sultan Muhammad Djabir Syah untuk menghindari penangkapan dari Belanda.

Pulau ini merupakan bukit dengan tumbuhan hijau yang menjadikan Pantai Sulamadaha semakin sejuk dan indah. Selain ditemani oleh Pulau Hiri, di arah barat Pantai Sulamadaha terdapat Teluk Saomadaha yang berbentuk piramid dan berpasir putih.

Di dasar perairan teluk ini terdapat taman laut menjadikan tempat ini merupakan spot yang cocok untuk diving dan snorkeling di area Pantai Sulamadaha.

Akses ke Pantai Sulamadaha transport

Pantai ini berjarak +/- 14 km dari pusat Kota Ternate dan bisa dijangkau dengan mudah. Dari pusat Kota Ternate kamu bisa naik angkutan umum yang menuju Pantai Sulamadaha dengan lama perjalanan +/- 1 jam.

Di pantai ini kamu juga bisa menyeberang ke Pulau Hiri menggunakan perahu yang disewakan dengan tarif Rp. 20.000,00 per jam.

Pantai Sulamadaha merupakan objek wisata andalan dari Ternate dan selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan maupun hari libur. Biasanya yang datang ke pantai ini adalah para orang tua dengan putra-putrinya yang ingin menghabiskan waktu untuk bersenang-senang.

Pulau Hiri Di Seberang

Bila wisatawan ingin mendaki bukit di Pulau Hiri, sebaiknya mempersiapkan diri dengan perlengkapan dan perbekalan yang lebih memadai, seperti tenda, sepatu kets, makanan, minuman, dan sebagainya. Untuk menyeberang ke Pulau Hiri bisa menyewa perahu nelayan disana dengan biaya sewa Rp 20 ribu.

Perahu Menuju Pulau Hiri

Selain Pulau Hiri, ada satu lagi tempat yang bisa sobat kunjungi dikawasan wisata ini yaitu, Teluk Saomadaha. Teluk Saomadaha memiliki pantai dengan pasir putih yang bersih dan terdapat taman bawah laut yang indah dan cocok untuk kegiatan diving dan snorkeling. Namun jangan lupa untuk membawa perlengkapannya sendiri karena belum ada tempat penyewaan peralatan selam. Pantai Maluku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>